Cara Membuat Contact Us di Blog

Hallo Blogger, tidak lama tadi saya baru berbagi tentang Cara Membuat Likebox Fanspage di Blog dan sekarang saya akan membuat hal yang tidak jauh berbeda, Hanya saja berbeda fungsi cara membuatnya, Kali ini saya akan berbagi Cara Membuat Contact Us di Blog. Hal ini sangat mudah karena kita hanya perlu men-setting Formulir Contact Us sesuai dengan yang kita inginkan tanpa membuat Script sendiri.

Seperti yang kita tau, Contact Us adalah sebuah Halaman atau bisa juga Gadget yang di gunakan oleh Visitor atau pengunjung sebagai sarana Komunikasi, Melewati sarana ini, pengunjung dapat mengirimkan E-Mail ke kita hanya dengan mengisi Formulir, tanpa harus mencari tau Alat E-Mail si penulis. Dalam membuatnya saya menggunakan Layanan FOXYFORM.COM sebagai applikasi web yang menyediakan Contact Us Generator.

Seperti biasanya, Setelah teori kita coba mempratekkan, Tetapi sabar dulu blogger. Ada yang ketinggalan, Selain sebagai sarana komunikasi yang mudah Contact Us di beritakan juga sebagai salah satu persyaratan untuk di terima Layanan Pengiklanan AdSense. Meskipun, ane belom tau sih, tapi sangat banyak yang mencantumkan hal tersebut di dalam postingan mereka. Gatau deh bener atau salahnya. Oke Sekarang kita ujian praktek.

Cara Membuat Contact Us di Blog



-> Pertama, Kunjungi Foxyform.com
-> Isilah kotak Nomer 1
* Di sana kalian akan di hadapkan kepada kotak kotak dan Tulisan :v
* Di kotak nomer 1 Adalah settingan dasar dari Formulir Contact Us Terdapat Tittle. Name,E-Mail, dan Subject
* Kita kotak nomer kiri, itu adalah untuk menambah fitur Contoh : Kalian mencentang kotak di sebelah Title, nah Otomatis dalam formulir konta akan terdapat kolom tittle.
* Di sebelah kanan Ada sebuah kotak, jika kalian mencentangnya Si Pengirim harus mengisi kotak yang kamu centang Contoh : Kamu mencentang Title nah, iitu berarti Si Pengirim harus mengiri Title atau judul dari E-Mail yang akan di kirimnya.

-> Isilah Kotak nomer 2
* Di nomer 2 adalah settingan mendasarnya, Itu adalah settingan warna Formulir Contact Us dan juga Font atau Huruf yang ada di Contact Form
* Untuk memilih warna kalian bisa Melihatnya Di Sini karena itu menggunakan HTML Color. Kalian bisa menggunakan settingan default jika tidak ingin susah.

-> Isilah Kotak Nomer 3
* Isilah kolom tersebut dengan email yang akan menerima Email yang di kirimkan.

-> Centang kotak I'm Not a Robot lalu Click create Form
-> Copy code yang ada di sebelah kanan.

Meletakkan Contact Us di Blog
Ada 2 cara meletakkan Contact Us di blog, yaitu sebagai Widget atau Sebagai Halaman ( Jika memilih halaman, Formulir akan muncul hanya jika pengunjung mengklik Link. Tetapi jika link, Formulir akan ada terus menerus di Di manapun pengunjung Berada)

1. Sebagai Halaman ( Strongly Recommended )
* Sekarang kita akan meletakkannya di blog Sebagai Halaman

-> Pergi ke Blogger --> Dashboard
-> Klik menu Laman atau Pages
-> Klik Icon New Page !! Ingat New Page !!
-> Setelah itu, Click Tulisan HTML di sebelah Compose ( Kiri Atas )
-> Paste kode tadi dan Publish
-> Contact Us berhasil di buat sebagai Laman

2. Sebagai Widget
*Oke setelah selesai Membuat formulir Contact Us, sekrang kita akan meletakkannya di Blog, sebagai Widget

-> Pergi ke Blogger --> Dashboard
-> Klik Menu Tata Letak
-> Pilih tempat yang kamu inginkan, lalu click Add-Gadget
-> Pilih HTML atau Javascript
-> Pastekan Code tadi ke kotak yang besar
-> Save
-> Contact Us berhasil di buat sebagai Widget

OKe, itu dia Cara Membuat Contact Us di Blog. Mungkin kalian bertanya-tanya, mengapa saya berkata Cara 1 ( Strongly Recommended ) Udh Strongly, Recommended lagi. Alasan saya adalah untuk kenyamanan Pengunjung. Jika mereka melihat widget yang sangat besar pasti sangat menggangu. Dan juga itu Membuat loading homepage lebih lama. Selain itu, terkadang Widget terlalu besar sehingga melebihi Sidebar atau Footer Blogmu.

4 Comments

Selamat Datang Di Forum Blogger Indonesia, Di Sini kalian bisa mendapatkan Informasi seputar Blogging dan juga Dunia Internet. Visitor boleh berkomentar Tanpa Persetujuan, Tetapi Dilarang Menggunakan Kata Kotor & Rusuh Di Blog Ini. Terima Kasih Telah Berkunjung.

Post a Comment
Previous Post Next Post