Cara Meningkatkan Pagespeed

"A Webpage Should be Fast" itulah kata yang di utarakan oleh Google untuk para pemilik Website, yang artinya "Sebuah halaman web seharusnya cepat" Kecepatan website sangat berpengaruh terhadap kenyamanan para pengunjung. Coba bayangkan jika kalian membuka sebuah Website dan ternyata Loadingnya lama. apa yang kalian lakukan ? Mungkin sebagian dari kalian lebih memilih menutupnya daripada menunggu lama dan Menghabiskan Kuota paket internet. Maka dari itu, kita sebagai pemilik Website harus membuat website kita memiliki kecepatan loading yang cepat. Sekarang ini sudah banyak Web web yang berbasis Web Check, Sebuah Web Check bisa menganalisis website milik kita, dan juga bisa menunjukan kecepatan blog dan memperlihatkan keadaan website milik kita. Salah satunya GTmetrix.


GTmetrix adalah applikasi web untuk menganalisa website milik kita, dari situ kita bisa mengetahui Pagespeed Yslow Dan juga Ukuran dari sebuah website. Sekarang, saya akan membahas bagaimana cara Meningkatkan Pagespeed sebuah website. Sebelum mengikuti langkah langkah berikut ini, Cek dulu website kalian agar mengetahui perbedaan yang akan terjadi. ada beberapa cara untuk meningkatkan pagespeed sebuah Website, antara lain :

1. Hilangkan Widget yang tidak penting
Sebuah widget dapat mengurangi kecepatan website kalian, agar lebih baik gunakan saja Widget yang di perlukan dalam sebuah Blog. antara lain Popular Post, Labels dan juga all post. untuk blog yang lebih baik, gunakan Tabbed widget agar widget tidak memanjang melebihi Homepage milik kalian. hindari menggunakan Widget yang tidak penting seperti widget Jam, Visitor, dan Foto foto yang tidak jelas kegunaannya.

2. Hindari Penggunaan HTML / Javascript
Maksud dari Hindari penggunaan HTML / Javascript adalah jangan menggunakan HTML / Javascript yang berlebihan. Seperti, menggunakan script ikan yang sangat sering saya jumpai di kebanyakan sebuah blog. Untuk lebih baik, kurangi penggunaan Lencana Lencana soscial media seperti Lencara profil facebook dan lencana profil Twitter dan juga lencana fanspage dan lain lain. Penggunaan 3rd party seperti itu dapat memperlambat loading blog kalian. Sebuah lencana fanspage facebook dapat mengurangi kecepatan Blog sebesar 5%.

3. Jangan menggunakan Flash
Flash atau sebuah video yang hanya di buka jika Perangkat yang mengaksesnya menginstall sebuah Flashplayer, penggunaan Flash Player sangat sangat mempengaruhi kecepatan loading sebuah blog. Jika kalian bayangkan, itu sama saja memutar video yang tidak bisa di stop atau di hentikan itu dapat memperlambat Loading blog secara drastis.

4. Optimasi Gambar
Optimisasikan gambar adalah cara paling mudah meningkatkan Kecepatan loading blog atau sebuah website. Sudah banyak web web yang menyediakan layanan Image Optimized contohnya adalah ySmush. Image optimized adalah memperkecil ukuran sebuah foto agar saat di akses foto muncul lebih cepat karena ukuran foto kecil. Cara ini di anggap sangat efektif untuk mempercepat Loading webuah blog atau website.

Sebenarnya masih ada sebuah cara lagi untuk mempercepat loading sebuah website atau sebuah blog, yaitu dengan menghapus Javascript yang tidak diperlukan oleh blog, javascript kebanyakan sudah ada dalam sebuah template hasil download, jadi jika kalian ingin menghapus sebuah Javascript atau .js kalian harus ekstra hati hati karena kemungkinan javascript tersebut penting dalam blog anda.

14 Comments

Selamat Datang Di Forum Blogger Indonesia, Di Sini kalian bisa mendapatkan Informasi seputar Blogging dan juga Dunia Internet. Visitor boleh berkomentar Tanpa Persetujuan, Tetapi Dilarang Menggunakan Kata Kotor & Rusuh Di Blog Ini. Terima Kasih Telah Berkunjung.

  1. wah menarik juga nih... langsung dicoba lah.. thnks sob

    ReplyDelete
  2. Blog ane lumayan cepat tapi gambarnya yang ukurannya lumayan besar, Nice info gan
    Visit balik: http://miftatnn.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. Kebutaln blog saya lemot....
    terimaksih :)

    ReplyDelete
  4. kecepatan loading blog ane 91% gan, dah lumayan lah biar bikin betah pengunjung :D

    Jika berkenan, sobat dapat mengunjungi blog sederhana ini http://puloblog.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. Manteb gan, blog biar makin enteng nih cara yang bagus

    ReplyDelete
Post a Comment
Previous Post Next Post