Pengertian Backlink Lengkap

Mendapatkan traffik dari mesin pencari seperti Google atau Yahoo adalah sumber utama dalam SEO tetapi backlink juga merupakan proses yang sangat penting dalam SEO. Ini dapat membantu anda untuk mendorong lebih banyak lalu lintas di blog kita dan blog menyebar secara luas di internet. Backlink juga dapat membantu anda dalam meningkatkan Google Page Rank dan Alexa Ranking ( Sayangnya Google Pagerank Sudah tidak Update lagi ). Nah, Hari ini kita akan membahas tentang Membangun backlink untuk blog kita.



Pengertian Dan Cara Mendapatkan Backlink V.2



Apa yang dimaksud Backlinks ?

Backlink adalah link yang mengarah pada situs web kita dari situs lainnya. Yang artinya, backlink adalah tautan link yang dapat meningkatkan posisi SERP ( Hasil Pencarian ) di Google. Jumlah backlink yang dimiliki situs adalah nilai popularitas situs tersebut.

Macam-macam Backlinks


Ada 2 macam backlinks. yaitu DoFollow Backlinks and NoFollow Backlinks kedua jenis backlinks ini diperkenalkan oleh Matt Cuts dan Jason Shellen pada tahun 2005 untuk membantu web master dalam membangun web SEO yang lebih baik.

DoFollow Backlinks
Biasanya blog yang dofollow ditandai dengan atribut rel='dofollow' atau tanpa menggunakan atribut. Mesin pencari biasanya menjelajah semua isi dari blog / website. Ketika mereka akan mendapatkan backlink, Mereka akan memeriksa bahwa DoFollow Backlink atau NoFollow Backlink yang akan di dapatkan. Jadi jika backlink tersebut dofollow maka mereka akan mengikuti link dan mendarat di halaman web lain untuk menjelajahinya. Itulah alasan mengapa setiap web master ingin meningkatkan / nya blog / situs  Backlinks DoFollow dan membantu dalam meningkatkan Google PR dan Alexa Rank.

NoFollow Backlinks
Biasanya blog yang nofollow diandai dengan atribut rel='nofollow'  atau tanpa menggunakan atribut. Jadi jika backlink yang dibuat dengan atribut NoFollow maka mesin pencari akan mengabaikannya karena atribut ini tidak memungkinkan mensin pencari untuk mengikuti link tersebut.

Cara Membuat Backlink

Cara Membuat Backlink sangatlah mudah dan tidak perlu mengeluarkan uang. Begitu banyak alternatif cara membuat backlink yang dapat kita lakukan, tapi pada artikel yang saya buat kali ini saya hanya akan membahas cara buat backlink yang gratis dan mudah, caranya adalah sebagai berikut:

Cara Membuat Backlink Dengan Berkomentar

Membuat Backlink dari berkomentar di sebuah blog, cara ini merupakan alternatif yang paling mudah untuk dilakukan, karena cara buat backlink di blog dapat dilakukan hanya dengan cara mengisi url, nama, dan alamat yang ingin kita optimasi atau diberi backlink di kotak komentar post blog yang kita kunjungi.

Signature di Forum, cara ini lebih praktis dari cara yang saya jelaskan tadi, karena dengan cara ini kita hanya perlu menambahkan Website/Blog kita di formulir, lalu secara otomatis kita akan mendapatkan Backlink setiap berkomentar di suatu Thread pada forum tersebut.

Directory Submission, dengan cara mendaftar situs kita untuk mendapatkan Backlink merupakan alternatif cara buat backlink yang sudah sangat populer di kalangan Blogger, karena kita hanya cukup mendaftarkan Website/Blog kita di Direktori yang berbayar seperti Direktori milik Yahoo! atau yang gratis seperti Dmoz maka kita sudah membuat Backlink yang tertuju ke Website/Blog kita.

Membuat sebuah artikel, cara lainnya yang dapat kita tempuh membuat sebuah backlink adalah dengan cara membuat sebuah artikel di Direktori Artikel seperti Ezine dan masih banyak lagi, lalu jangan lupa sisipkan link yang tertuju ke Website/Blog kita.

Akhir Kata...
Jadi intinya, backlink itu penting, untuk meningkatkan alexa rank. Tapi jangan sembarang membuat backlink di semua website. Carilah website yang berpage rank tinggi dan memuat artikel yang tidak mengandung Perjudian, SARA dan Pornografi. Sekian post tentang Pengertian Backlink Lengkap di tambah dengan Cara Mendapatkannya. Jangan lupa membaca post saya yang lainnya dengan membaca Daftar Isi. Oke itu saya untuk kali ini, Semoga Membantu.

7 Comments

Selamat Datang Di Forum Blogger Indonesia, Di Sini kalian bisa mendapatkan Informasi seputar Blogging dan juga Dunia Internet. Visitor boleh berkomentar Tanpa Persetujuan, Tetapi Dilarang Menggunakan Kata Kotor & Rusuh Di Blog Ini. Terima Kasih Telah Berkunjung.

  1. makasih gan informasinya, tentang backlink jadi tambah tau tentang backlink
    testing backlink :D
    jangan lupa kunjungi blog saya
    Hanya Di unik-ituindah.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. backlink penting banget nih.
    thx gan.
    Regards: berkasak-kusuk.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. wahh mantapz nih gan,,infonya sngt lengkap dan bermanfaat :) nice share gan..

    ReplyDelete
  4. Sangat lengkap sekali infonya gan.

    bagi agan yang berminat belajar membuat website bisa dilihat di situs berikut ini Kursus Web Design

    ReplyDelete
Post a Comment
Previous Post Next Post