Cara Mudah Membuat Sitemap

Saya sudah melihat di beberapa group Blogger Indonesia banyak sekali yang bertanya Cara Membuat Sitemap. Sebelum belajar membuat sitemap, kita ketahui dahulu Apa Itu Sitemap ? Sitemap adalah sebuah laman Statis yang ada di sebuah website, Laman tersebut berisi semua post yang ada dalam Website tersebut. Contoh : http://fbi-topblogger.blogspot.com/p/blog-page.html link ini adalah Sitemap milik Forum Blogger Indonesia jadi laman tersebut berisi tentang semua post milik saya.


Setelah menjelaskan pengertian Sitemap, sekarang saya akan menjelaskan kegunaan Sitemap. Banyak sekali kegunaan dari Sitemap antara lain :
1. Sebagai tempat navigasi dari sebuah post.
2. Tempat melihat lihat semua post yang kita miliki.
Dan masih banyak lagi, namun saya hanya menjelaskan itu saja. Mungkin kalian bisa menambahkannya sendiri sesuai keinginan kalian.

Cara Membuat Sitemap

 Perlu diperhatikan !!
Sebelum membuat Sitemap, kalian harus membagi post kalian menjadi beberapa sitemap, Kenapa ? karna dalam halaman Sitemap yang akan kita buat post akan di pisah sesuai dengan Label. Contoh : Post yang memiliki label SEO ( Di kumpulkan dengan label SEO ). Post dengan label Responsive ( Di kumpulkan dengan label Responsive )

1. Copy Kode Berikut
<script src="https://sites.google.com/site/script4shared/sitemap.js"></script><script src="http://fbi-topblogger.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>
Atau kalian juga bisa menggunakan Script berikut
<script src="http://me-sitemap.googlecode.com/files/mysitemap.js" type="text/javascript"></script>
<script src="http://fbi-topblogger.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>
# Ganti tulisan berwarna Merah dengan url blog atau Website kalian.
2. Masuk ke Blogger > Dashboard > Pages.
3. Klik new pages di sebelah tengah atas.
4. Setelah memasuki lembar post, klik HTML di sebelah tulisan compose ( Kiri atas ).
5. Paste kode yang telah kamu copy.
6. Save & Publish.

Sudahkan kalian melihat hasilnya ? Bagaimana ? Apakah semua post di blog kalian sudah tertera di situ. Oke, itulah Cara Membuat Sitemap. Jangan lupa membaca Artikel Cara Meningkatkan Alexa Rank karena Alexa juga salah satu aspek penting yang harus di miliki sebuah website. Semoga dengan laman Sitemap pengunjung website kalian bisa meningkat, Sekian dan Terima Kasih.

10 Comments

Selamat Datang Di Forum Blogger Indonesia, Di Sini kalian bisa mendapatkan Informasi seputar Blogging dan juga Dunia Internet. Visitor boleh berkomentar Tanpa Persetujuan, Tetapi Dilarang Menggunakan Kata Kotor & Rusuh Di Blog Ini. Terima Kasih Telah Berkunjung.

Post a Comment
Previous Post Next Post